Sabtu, 21 Desember 2013

PERALATAN SABLON MANUAL

      Dalam proses sablon pasti nanti akan dibutuhkan peralatan-peralatan pendukung untuk kelancaran proses sablon.kali ini saya akn mencoba berbagi sedikit informasi mengenai peralatan sablon yang saya dapat dari beberapa sumber.
Baik tidak usah panjang lebar,langsung saja kita bahas satu-persatu tentang alat-alat sablon ini.
1.SCREEN
Screen (dibaca skrin).Terbuat dari kayu (meskipun ada juga yang terbuat dari baja ringan) yang dibentuk persegi empat kemudian dilapisi oleh kain kasa.Kegunaanya adalah untuk menghantarkan tinta sablon pada objek yang akan di sablon.Screen ini banyak ukuran dan macamnya.Untuk sablon kain/kaos,kita bisa menggunakan screen dengan ukuran T48/T55/T61 (maksudnya T48 dll itu adalah kerapatan kain yang terletak pada screen itu).Sedangkan untuk sablon kertas/plastik memakai ukuran T150.Untuk ukuran besarnya sendiri berfariasi sesuai dengan kebutuhan kita.
2.RAKEL
Rakel.Terbuat dari kayu yang di ujungnya diberi karet khusus.Fungsinya untuk meratakan tinta sablon yang berada pada screen yang akan dihantarkan pada objek sablon.Karet dari rakel ini pun juga bermacam-macam kelas dan ukuranya.Kita harus pintar-pintar dalam memilih karet rakel yang akan kita gunakan,apakah memakai karet yang lentur atau yang sedikit lebih kaku.



3.HAIR DRYER
Hair dryer.Alat ini digunakan pada saat pembuatan film di screen.Fungsinya untuk mengeringkan obat afdruk yang sudah diratakan pada screen.Terkadang dipakai juga untuk mengeringkan kain/kaos yang sudah di sablon ketika cuaca sedang mendung.






4.TRIPLEK
Triplek.Alat ini dugunakan untuk tatakan kain/kaos yang akan disablon.Triplek ini kita potong berbentuk persegi/persegi panjang sesuai dengan kebutuhan kita.Biasanya yang dipakai itu triplek dengan ketebalan 5mm / bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan kita.





5.MEJA SABLON
Meja sablon.Tentunya ketika kita akan menyablon,kita memerlukan meja untuk meletakkan objek sablon itu.Sebenarnya sih bisa juga menggunakan meja-meja biasa,asalkan ukuranya cukup untuk meletakkan objek sablon itu..





6.KERTAS KALKIR
Kertas kalkir.Digunakan pada saat membuat desain sablon.Yang mana nanti akan digunakan pada saat pembuatan film di screen.Sebab sifatnya yang transparan itulah kanapa dipakai kertas kalkir ini.Kertas kalkir ini nanti akan di print pada print laser.Sebenarnya bisa juga memakai print biasa,cuma nanti hasilnya tidak akan setajam/sebagus print laser.




7.KACA
Kaca.Digunakan pada saat penjemuran screen (yang telah diberi obat afdruk dan desain sablon) dibawah sinar matahari.Biasanya digunakan kaca dengan ketebalan 5mm.Besar kacanya disesuaikan dengan kebutuhan kita.





8.BUSA/SPON
Busa/spon.Digunakan sebagai tatakan screen ketika proses penjemuran dibawah sinar matahari.Biasanya digunakan busa dengan ketebalan 10cm/yang lebih tebal dari itu juga bisa.Dipotong persegi panjang,besarnya disesuaikan dengan besar screen yang akan kita pakai.




9.SEMPROTAN AIR
Semprotan air.Digunakan pada saat pembuatan film pada screen dan pada saat penghapusan film pada screen.Paling tidak kita membutuhkan dua buah semprotan air.Gambar disamping hanyalah contoh dari semprotan air biasa,sumpama mau pake yang lebih canggih sejenis kompresor pun bisa-bisa saja.







       Itu tadi beberapa peralatan sablon yang menurut beberapa pengguna paling dibutuhkan dalam proses sablon.Ada juga peralatan-peralatan pendukung yang lain,yang nanti akan kita temukan ketika proses sablon.
Mungkin untuk kali ini itu saja informasi tentang peralatan sablon yang bisa saya bagikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar