Minggu, 22 Desember 2013

PEMBUATAN FILM SABLON MANUAL

       Sebelum kita membuat afdruk film pada screen sablon,terlebih dahulu kita harus sudah mempunyai film sablon.Film sablon adalah cetakan gambar dalam bentuk print pada kertas yang nantinya akan digunakan untuk membentuk afdruk di screen.Catatan kertas yang digunakan adalah kertas yang bersifat transparan, kalau diartikel sebelumnya saya mencontohkan dengan menggunakan kertas kalkir.Dan desain film sablon ini harus di print pada print laser,sebab print laser ini mempunyai sifat BW ( black white ) dan hasil prin yang sangat tajam.
        Setelah selesai membuat film sablon,maka kita masuk ke proses afdruk.
1. Siapkan screen,dan usahakan screen ini dalam keadaan bersih.Kalau masih baru,maka supaya dicuci terlebih dahulu dengan menggunakn sabun cuci baju.Kemudian keringkan lagi screen itu.

2.Siapkan abat afdruknya,misal menggunakan photoxol.Apabila kita tidak membuat banyak film,maka campurkan antara emulsi (botol besar) dengan sensitizer (botol kecil) ke wadah yang lain secukupnya saja dengan perbandingan 10 : 1 kemudian aduk hingga rata.Kenapa tidak langsung dicampur semua,sebab apabila obat afdruk ini sudah dicampur kemudian lama tidak dipakai maka obat afdruk ini akan rusak/tidak bisa dipakai.



3.Tuangkan  secukupnya obat afdruk tadi pada screen yang sudah disiapkan.Ratakan obat itu keseluruh bagian screen dengan menggunakan mika/penggaris/bekas kartu perdana pokoknya yang bisa untuk meratakan obat tadi.




4.pengeringan screen yang telah diberi obat afdruk tadi.Bisa dengan menggunakan hair dryer atau kipas angin.
Catatan pada tahap ke 3 & 4 ini, screen tidak boleh terkena sinar secara langsung,baik sinar matahari ataupun sinar lampu.Sebab apabila terkena sinar maka obat tadi akan mengeras sehingga tidak bisa untuk dipakai.


5.Siapkan tatakan untuk proses penjemuran screen.Dengan cara siapkan triplek tebal/papan kemudian beri busa/spon diatas triplek dan beri kain hitam di atas spon.Letakkan screen yang sudah kering tadi diatas spon yang sudah disiapkan dengan posisi terbalik.Kemudian letakkan desain film sablon yang sudah dibuat tadi diatas screen,dan terakhir beri kaca diatasnya.



6.Proses penjemuran,Proses ini dilakukan dibawah sinar matahari,dengan hitungan antara 15-20 detik saja,tergantung terik tidaknya matahari.

7.Setelah itu lepaskan screen dari spon dan bilas dengan air terlebih dahulu.Kemudian dengan menggunakan semprotan air,semprot duplikat desain film sablon yang ada pada screen.Semprot hingga obat afdruk yang ada pada duplikat flim sablon itu hilang.Apabila obat itu sudah hilang dari screen,nanti akan terlihat bening daripada yang masih ada obat afdruknya.

8.Setelah selesai membersihkan obat afdruk tadi,lalu keringkan screen dengan cara jemur dibawah sinar matahari.Setelah kering,screen siap untuk dipakai.

     Itulah tadi sedikit ilmu tentang pembuatan afdruk film sablon manual yang bisa saya bagikan setelah saya merangkunya dari beberapa sumber.Semoga bermanfaat.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar